4 Cara Meningkatkan Organik CTR Website/Blog
Pernahkah kalian mendengar kata CTR dalam dunia website/blog? Mungkin tidak banyak orang yang tahu, namun memahami fungsi dan dampak CTR terhadap website sebenarnya sangat dianjurkan karena memiliki hubungan yang erat dengan pengunjung organik.
Bagaimana cara meningkatkan CTR? Banyak sekali orang mencari jawaban atas pertanyaan itu. Namun sebelum menari tahu cara meningkatkannya, ada baiknya kita memahami apa itu CTR dan bagaimana cara kerja CTR.
CTR atau Click Through Rate merupakan rasio jumlah klik per tayangan yang dimana dalam konteks ini sumber klik berasal dari google penelusuran. Bisa dibilang CTR menjadi tolak ukur seberapa baik kalian dalam menarik perhatian calon pengunjung di mesin pencari, jika berhasil traffic organik akan membanjiri sebuah website.
Ketika kalian membuat artikel di blog, ada kemungkinan artikel tersebut masuk halaman pertama mesin pencarian google dengan kata kunci tertentu. Nah posisi artikel kalian bisa menjadi yang pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.
Di halaman pertama tersebut ada beberapa website saingan kalian yang tentu saja dengan pembahasan yang sama, orang mau klik artikel kalian ataupun artikel orang lain itu haknya dia.
Pertanyaannya, berapa banyak orang yang klik artikel kalian selama artikel tersebut muncul di mesin pencarian google? Untuk mengetahuinya, kita bisa melihatnya melalui CTR.
Ketika kalian sudah memahami apa itu CTR, waktunya untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan organik CTR website/blog yang berasal dari search engine.
Yang pertama adalah menarik perhatian calon pengunjung dengan cara membuat judul dan meta description yang menarik dan bikin penasaran. Judul memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan CTR, karena menurut riset hanya sekitar 20% orang yang membaca judul dan melihat isinya.
Judul memang berperan sangat penting, namun kita juga harus memperhatikan keselarasan antara judul dan isi postingan. Jangan terlalu mengumbar click bait, apalagi jika isinya sangat jauh melenceng dengan apa yang mereka cari.
Sama halnya dengan meta description, kalian harus benar-benar membuat sebaik dan semenarik mungkin untuk mendapatkan CTR yang jauh lebih baik.
Rahasia Membuat Judul dan Meta Description Website/Blog
Nah untuk membuat judul dan meta description yang menarik, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.
a). Buat Penasaran Calon Pengunjung
Judul dan meta description merupakan bagian dari postingan yang pertama kalian dilihat oleh pengguna mesin pencari. Untuk mengundang klik, buatlah judul dan meta description yang membuat mereka penasaran akan isi dari postingan tersebut.
Kalian bisa menambahkan kalimat tanya atau kalimat tanggung kedalam judul postingan. Untuk meta description, tambahkan sedikit bumbu-bumbu penyedap untuk menambah ketertarikan calon pengunjung.
b). Jangan Sertakan Inti dari Postingan
Kenapa orang mencari sebuah artikel di mesin pencarian? Karena mereka tidak tahu dan sedang mencari jawaban melalui postingan yang ada pada sebuah website. Jika kalian memberikan jawabannya di judul atau meta description, nilai CTR kalian akan turun.
Iya dong, secara otomatis pengunjung sudah mengetahui jawabannya dan tidak perlu membuka artikel tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, batasi penggunaan informasi penting yang sedang mereka cari.
Hal ini juga bukan hanya untuk meningkatkan CTR, tapi juga menghindari informasi sepotong-sepotong yang bisa membuat orang salah paham. Banyak orang yang mengambil kesimpulan hanya melihat dari judul tanpa membaca satu kalimat pun dalam postingan.
c). Perhatikan Penggunaan Huruf Kapital
Untuk membuat judul dan meta description, kita harus memperhatikan keterbacaan dengan menggunakan huruf kapital yang baik dan benar. Jika ada huruf yang tidak sesuai, maka kualitas judul tersebut kurang sempurna ketika dilihat mata manusia.
Untuk membuatnya, kalian hanya perlu menggunakan huruf kapital di awal kata dan huruf kecil untuk kata penghubung. Contohnya: Cara Meningkatkan Organik CTR di Website/Blog.
d). Pemilihan Kata
Untuk membuat judul yang menarik, kalian harus memilih dan memilih kata yang akan digunakan agar menjadi sebuah kalimat yang mudah dibaca. Jika kalian membuat judul dengan sembarangan, walaupun page one akan susah untuk mendapatkan klik.
Cobalah mencari kata yang tepat untuk digunakan, jika perlu cari sinonim yang mungkin akan menjadi sebuah kalimat yang jauh lebih baik.
Yang kedua adalah mendapatkan posisi terbaik di mesin penelusuran dengan cara mendapatkan Featured Snippets. Featured Snippets merupakan cuplikan unggulan atau jawaban singkat dari sebuah website untuk kata kunci yang disematkan.
Jadi ketika kalian mencari sesuatu menggunakan kata kunci di mesin pencarian, google akan merekomendasikan beberapa website yang memiliki jawaban paling tepat secara singkat, padat, dan jelas. Fitur ini sangat berguna untuk memberikan gambaran kecil kepada calon pengguna tentang isi dari website tersebut.
Rahasia Mendapatkan Featured Snippets di Mesin Pencarian
Featured snippets merupakan fitur yang tidak bisa kita buat menggunakan kode atau plugin apapun, artinya fitur ini hanya ditentukan oleh google sendiri secara sepihak kepada sebuah website. Namun ada beberapa cara untuk mendapatkannya yang diantaranya:
a). Rasio Munculnya Kata Kunci
Ketika kalian membuat sebuah artikel, ada baiknya menyebarkan beberapa kata kunci agar bisa dengan mudah mendapatkan featured snippets. Cara ini cukup ampuh untuk mendapatkan cuplikan unggulan, walaupun ada resiko yang harus kalian hadapi.
Beberapa resiko yang bisa terjadi kapan saja ketika menggunakan cara ini adalah artikel kalian dianggap spam dan kurang user friendly (Kenyamanan pengguna terganggu). Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tempatkan kata kunci secukupnya dan usahakan untuk menyatu dengan kalimat lainnya.
b). Manfaatkan Heading
Untuk mendapatkan featured snippets, artikel tersebut setidaknya harus tersusun dengan sangat rapih. Google akan memberikan cuplikan unggulan kepada artikel yang benar-benar membantu pengunjung dalam menemukan sebuah jawaban dengan cepat dan tepat.
Makanya usahakan untuk memaksimalkan penggunaan heading seperti h1, h2, h3, dst terutama jika artikel tersebut mengandung banyak pembahasan bercabang.
c). Buat Konten Artikel yang Lengkap
Alasan google memberikan fitur featured snippets kepada sebuah website adalah karena memang konten artikelnya sangat lengkap dan mampu menjawab apa yang dicari pengguna. Konten yang lengkap juga memberikan dampak positif kepada pengunjung ataupun peringkat artikel kita di mesin pencarian.
Yang ketiga adalah meningkatkan kemungkinan mendapatkan klik dari mesin penelusuran dengan cara melakukan riset keyword. Riset keyword merupakan sebuah riset yang dilakukan untuk menargetkan kata kunci yang akan mereka ambil dengan mengetahui volume pencarian setiap bulannya.
Riset keyword juga berfungsi untuk mengetahui nilai CPC (Coast per click) dan juga tingkat persaingan. Namun yang paling terpenting disini adalah volume pencarian, karena semakin banyak keyword yang dicari oleh orang-orang, semakin besar juga kemungkinan menaiknya presentase CTR.
Rahasia Melakukan Riset keyword Untuk Meningkatkan CTR
Untuk melakukan riset keyword, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan diantaranya:
a). Tingkat Persaingan Rendah
Meningkatkan CTR dengan cara ini berarti riset keyword yang kalian lakukan harus berhasil. Riset keyword dapat menentukan volume pencarian yang kalian inginkan, jika artikel kalian masuk halaman pertama google dengan kata kunci tersebut sudah pasti CTR kalian akan meningkat.
Nah untuk memperbesar kemungkinannya berhasil, carilah keyword dengan tingkat persaingan rendah. Kata kunci dengan tingkat persaingan rendah umumnya jauh lebih mudah untuk kalian targetkan, terutama jika website/blog kalian masih kecil/baru mulai.
Banyak keyword yang memiliki volume pencarian tinggi namun dengan persaingan yang rendah, kalian hanya perlu mencarinya dengan sabar dan tidak tergesa-gesa.
b). Riset di Tempat yang Tepat
Melakukan riset keyword tidak bisa kita lakukan di sembarang tempat, ada beberapa tools yang memiliki tingkat keakuratan lemah dan fitur yang terbatas. Jadi pintar-pintarlah kalian dalam memilih tempat riset untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Beberapa tools rekomendasi untuk melakukan riset keyword adalah Ubersuggest, Google Keyword Planner, dan Google Trends.
c). Kata Kunci Populer dan Potensial
Pemilihan keyword yang baik adalah kunci kesuksesan seseorang dalam melakukan riset keyword, salah satu caranya dengan menggunakan kata kunci populer. Kata kunci populer memiliki rasio klik yang cukup besar untuk di klik oleh pengguna mesin pencari.
Kata kunci populer biasanya berhubungan dengan sesuatu yang penting atau wajib untuk diketahui jawabannya, bisa juga sesuatu yang sedang viral dan memiliki potensi kenaikan volume pencarian pada saat itu juga.
Yang keempat adalah memberikan user experience yang jauh lebih baik dengan cara mengoptimalkan kecepatan loading website. Cepat atau lambatnya loading website akan sangat berpengaruh pada nilai presentase CTR yang kalian dapatkan.
Perlu kalian ketahui, nilai klik tidak akan dihitung jika website tidak memuat disaat itu juga. Umumnya pengunjung akan beralih ke lain website jika website kalian memiliki kecepatan loading yang sangat lambat atau slow respon.
Bagaimana Cara meningkatkan Kecepatan Website/Blog?
Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa mengikuti tutorialnya pada artikel 5 Cara Mempercepat Loading Website Paling Efektif. Jika kalian mengikuti panduannya dengan cermat dan sungguh-sungguh, loading website kalian tidak akan mengenal kata lambat lagi.
Bagaimana cara meningkatkan CTR? Banyak sekali orang mencari jawaban atas pertanyaan itu. Namun sebelum menari tahu cara meningkatkannya, ada baiknya kita memahami apa itu CTR dan bagaimana cara kerja CTR.
Apa itu CTR?
CTR atau Click Through Rate merupakan rasio jumlah klik per tayangan yang dimana dalam konteks ini sumber klik berasal dari google penelusuran. Bisa dibilang CTR menjadi tolak ukur seberapa baik kalian dalam menarik perhatian calon pengunjung di mesin pencari, jika berhasil traffic organik akan membanjiri sebuah website.
Pengertian CTR (Sederhana)
Ketika kalian membuat artikel di blog, ada kemungkinan artikel tersebut masuk halaman pertama mesin pencarian google dengan kata kunci tertentu. Nah posisi artikel kalian bisa menjadi yang pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.
Di halaman pertama tersebut ada beberapa website saingan kalian yang tentu saja dengan pembahasan yang sama, orang mau klik artikel kalian ataupun artikel orang lain itu haknya dia.
Pertanyaannya, berapa banyak orang yang klik artikel kalian selama artikel tersebut muncul di mesin pencarian google? Untuk mengetahuinya, kita bisa melihatnya melalui CTR.
4 Cara Meningkatkan Organik CTR Website/Blog
![]() |
| Sumber: Pixabay.com |
Ketika kalian sudah memahami apa itu CTR, waktunya untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan organik CTR website/blog yang berasal dari search engine.
1. Buat Judul dan Meta Description yang Menarik
Yang pertama adalah menarik perhatian calon pengunjung dengan cara membuat judul dan meta description yang menarik dan bikin penasaran. Judul memiliki peran yang cukup besar dalam meningkatkan CTR, karena menurut riset hanya sekitar 20% orang yang membaca judul dan melihat isinya.
Judul memang berperan sangat penting, namun kita juga harus memperhatikan keselarasan antara judul dan isi postingan. Jangan terlalu mengumbar click bait, apalagi jika isinya sangat jauh melenceng dengan apa yang mereka cari.
Sama halnya dengan meta description, kalian harus benar-benar membuat sebaik dan semenarik mungkin untuk mendapatkan CTR yang jauh lebih baik.
Rahasia Membuat Judul dan Meta Description Website/Blog
Nah untuk membuat judul dan meta description yang menarik, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.
a). Buat Penasaran Calon Pengunjung
Judul dan meta description merupakan bagian dari postingan yang pertama kalian dilihat oleh pengguna mesin pencari. Untuk mengundang klik, buatlah judul dan meta description yang membuat mereka penasaran akan isi dari postingan tersebut.
Kalian bisa menambahkan kalimat tanya atau kalimat tanggung kedalam judul postingan. Untuk meta description, tambahkan sedikit bumbu-bumbu penyedap untuk menambah ketertarikan calon pengunjung.
b). Jangan Sertakan Inti dari Postingan
Kenapa orang mencari sebuah artikel di mesin pencarian? Karena mereka tidak tahu dan sedang mencari jawaban melalui postingan yang ada pada sebuah website. Jika kalian memberikan jawabannya di judul atau meta description, nilai CTR kalian akan turun.
Iya dong, secara otomatis pengunjung sudah mengetahui jawabannya dan tidak perlu membuka artikel tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, batasi penggunaan informasi penting yang sedang mereka cari.
Hal ini juga bukan hanya untuk meningkatkan CTR, tapi juga menghindari informasi sepotong-sepotong yang bisa membuat orang salah paham. Banyak orang yang mengambil kesimpulan hanya melihat dari judul tanpa membaca satu kalimat pun dalam postingan.
c). Perhatikan Penggunaan Huruf Kapital
Untuk membuat judul dan meta description, kita harus memperhatikan keterbacaan dengan menggunakan huruf kapital yang baik dan benar. Jika ada huruf yang tidak sesuai, maka kualitas judul tersebut kurang sempurna ketika dilihat mata manusia.
Untuk membuatnya, kalian hanya perlu menggunakan huruf kapital di awal kata dan huruf kecil untuk kata penghubung. Contohnya: Cara Meningkatkan Organik CTR di Website/Blog.
d). Pemilihan Kata
Untuk membuat judul yang menarik, kalian harus memilih dan memilih kata yang akan digunakan agar menjadi sebuah kalimat yang mudah dibaca. Jika kalian membuat judul dengan sembarangan, walaupun page one akan susah untuk mendapatkan klik.
Cobalah mencari kata yang tepat untuk digunakan, jika perlu cari sinonim yang mungkin akan menjadi sebuah kalimat yang jauh lebih baik.
2. Featured Snippets
Yang kedua adalah mendapatkan posisi terbaik di mesin penelusuran dengan cara mendapatkan Featured Snippets. Featured Snippets merupakan cuplikan unggulan atau jawaban singkat dari sebuah website untuk kata kunci yang disematkan.
Jadi ketika kalian mencari sesuatu menggunakan kata kunci di mesin pencarian, google akan merekomendasikan beberapa website yang memiliki jawaban paling tepat secara singkat, padat, dan jelas. Fitur ini sangat berguna untuk memberikan gambaran kecil kepada calon pengguna tentang isi dari website tersebut.
Rahasia Mendapatkan Featured Snippets di Mesin Pencarian
Featured snippets merupakan fitur yang tidak bisa kita buat menggunakan kode atau plugin apapun, artinya fitur ini hanya ditentukan oleh google sendiri secara sepihak kepada sebuah website. Namun ada beberapa cara untuk mendapatkannya yang diantaranya:
a). Rasio Munculnya Kata Kunci
Ketika kalian membuat sebuah artikel, ada baiknya menyebarkan beberapa kata kunci agar bisa dengan mudah mendapatkan featured snippets. Cara ini cukup ampuh untuk mendapatkan cuplikan unggulan, walaupun ada resiko yang harus kalian hadapi.
Beberapa resiko yang bisa terjadi kapan saja ketika menggunakan cara ini adalah artikel kalian dianggap spam dan kurang user friendly (Kenyamanan pengguna terganggu). Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tempatkan kata kunci secukupnya dan usahakan untuk menyatu dengan kalimat lainnya.
b). Manfaatkan Heading
Untuk mendapatkan featured snippets, artikel tersebut setidaknya harus tersusun dengan sangat rapih. Google akan memberikan cuplikan unggulan kepada artikel yang benar-benar membantu pengunjung dalam menemukan sebuah jawaban dengan cepat dan tepat.
Makanya usahakan untuk memaksimalkan penggunaan heading seperti h1, h2, h3, dst terutama jika artikel tersebut mengandung banyak pembahasan bercabang.
c). Buat Konten Artikel yang Lengkap
Alasan google memberikan fitur featured snippets kepada sebuah website adalah karena memang konten artikelnya sangat lengkap dan mampu menjawab apa yang dicari pengguna. Konten yang lengkap juga memberikan dampak positif kepada pengunjung ataupun peringkat artikel kita di mesin pencarian.
3. Riset Keyword
Yang ketiga adalah meningkatkan kemungkinan mendapatkan klik dari mesin penelusuran dengan cara melakukan riset keyword. Riset keyword merupakan sebuah riset yang dilakukan untuk menargetkan kata kunci yang akan mereka ambil dengan mengetahui volume pencarian setiap bulannya.
Riset keyword juga berfungsi untuk mengetahui nilai CPC (Coast per click) dan juga tingkat persaingan. Namun yang paling terpenting disini adalah volume pencarian, karena semakin banyak keyword yang dicari oleh orang-orang, semakin besar juga kemungkinan menaiknya presentase CTR.
Rahasia Melakukan Riset keyword Untuk Meningkatkan CTR
Untuk melakukan riset keyword, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan diantaranya:
a). Tingkat Persaingan Rendah
Meningkatkan CTR dengan cara ini berarti riset keyword yang kalian lakukan harus berhasil. Riset keyword dapat menentukan volume pencarian yang kalian inginkan, jika artikel kalian masuk halaman pertama google dengan kata kunci tersebut sudah pasti CTR kalian akan meningkat.
Nah untuk memperbesar kemungkinannya berhasil, carilah keyword dengan tingkat persaingan rendah. Kata kunci dengan tingkat persaingan rendah umumnya jauh lebih mudah untuk kalian targetkan, terutama jika website/blog kalian masih kecil/baru mulai.
Banyak keyword yang memiliki volume pencarian tinggi namun dengan persaingan yang rendah, kalian hanya perlu mencarinya dengan sabar dan tidak tergesa-gesa.
b). Riset di Tempat yang Tepat
Melakukan riset keyword tidak bisa kita lakukan di sembarang tempat, ada beberapa tools yang memiliki tingkat keakuratan lemah dan fitur yang terbatas. Jadi pintar-pintarlah kalian dalam memilih tempat riset untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Beberapa tools rekomendasi untuk melakukan riset keyword adalah Ubersuggest, Google Keyword Planner, dan Google Trends.
c). Kata Kunci Populer dan Potensial
Pemilihan keyword yang baik adalah kunci kesuksesan seseorang dalam melakukan riset keyword, salah satu caranya dengan menggunakan kata kunci populer. Kata kunci populer memiliki rasio klik yang cukup besar untuk di klik oleh pengguna mesin pencari.
Kata kunci populer biasanya berhubungan dengan sesuatu yang penting atau wajib untuk diketahui jawabannya, bisa juga sesuatu yang sedang viral dan memiliki potensi kenaikan volume pencarian pada saat itu juga.
4. Tingkatkan Kecepatan Website/Blog
Yang keempat adalah memberikan user experience yang jauh lebih baik dengan cara mengoptimalkan kecepatan loading website. Cepat atau lambatnya loading website akan sangat berpengaruh pada nilai presentase CTR yang kalian dapatkan.
Perlu kalian ketahui, nilai klik tidak akan dihitung jika website tidak memuat disaat itu juga. Umumnya pengunjung akan beralih ke lain website jika website kalian memiliki kecepatan loading yang sangat lambat atau slow respon.
Bagaimana Cara meningkatkan Kecepatan Website/Blog?
Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa mengikuti tutorialnya pada artikel 5 Cara Mempercepat Loading Website Paling Efektif. Jika kalian mengikuti panduannya dengan cermat dan sungguh-sungguh, loading website kalian tidak akan mengenal kata lambat lagi.


