Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Meningkatkan CPC Adsense di Blog/Website

Ketika menggeluti dunia blog/website, harusnya istilah google adsense sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Adsense merupakan salah satu jaringan periklanan terbesar di dunia yang penghasilannya sangat dipengaruhi oleh CPC (Coast per Click).

Bagaimana Cara Meningkatkan CPC Adsense?

Banyak yang mengira ketika blog/website diterima adsense sudah bisa mendapatkan penghasilan dengan mudah, padahal itu masih di tahap awal. Mendapatkan penghasilan secara rutin dari adsense memang cukup sulit, butuh proses yang panjang agar bisa melakukan payout/gajian setiap bulannya.

Salah satu faktor utama kenapa kalian tidak bisa gajian secara rutin adalah kecilnya nilai CPC. Kecil besarnya CPC sangat berpengaruh terhadap penghasilan kalian setiap harinya, karena adsense menggunakan sistem PPC (Pay per Click) untuk membayar publishernya.

5 Cara Meningkatkan CPC Adsense di Blog/Website

5 Cara Meningkatkan CPC Adsense di Blog/Website
Sumber: Pixabay.com

Jika kalian merasa nilai CPC yang dapatkan selalu kecil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut.

1. Riste Keyword/Kata Kunci

Untuk meningkatkan CPC adsense di blog/website, kalian bisa melakukan riset keyword untuk mendapatkan iklan dengan bayaran tinggi. Mungkin di awal pembuatan blog banyak yang mengabaikan tentang riset keyword, namun efeknya akan terasa setelah melakukan pemasangan iklan adsense.

Apa Hubungannya CPC Adsense dengan Riset Keyword?

Ketika kita membuat artikel dengan kata kunci tertentu, google akan menampilkan iklan yang relevan sesuai dengan keyword yang kalian gunakan. Setiap iklan memiliki nilai CPC yang berbeda-beda, ada yang tinggi dan ada juga yang rendah.

Dengan melakukan riset keyword, setidaknya iklan yang tampil didalam blog memiliki bayaran yang lebih tinggi dan meminimalisir iklan dengan bayaran rendah. Itulah alasan kenapa riset keyword sangat ampuh untuk meningkatkan CPC adsense  kalian.

Cara Melakukan Riset Keyword

Dalam konteks ini, tujuan utama riset keyword adalah menemukan kata kunci yang memiliki high CPC atau iklan dengan bayaran tinggi. Untuk melakukannya, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan diantaranya:

A. Ubersuggest

Ubersuggest merupakan tools riset keyword yang dikembangkan oleh Neil Petel, salah satu digital marketer ternama di dunia. Ketika menggunakan tools ini kalian dapat mengetahui besar kecilnya CPC, banyak sedikitnya volume pencarian, dan tinggi rendahnya nilai kompetisi.

Dengan menggunakan ubersuggest, setidaknya kalian mengetahui gambaran nilai CPC yang akan didapatkan ketika menggunakan keyword tersebut. Jadi pilihlah kata kunci dengan high CPC untuk memaksimalkan pendapatan blog kalian.

B. Google Related Search

Google Related Serach merupakan kumpulan long tail keyword yang tampil berdasarkan kata kunci terkait pada saat melakukan pencarian di mesin telusur google. Cara ini bisa kalian lakukan untuk menemukan kata kunci turunan dari keyword utama.

Untuk menampilkan besar kecilnya CPC, kalian bisa menggunakan ekstensi google chrome "Keyword Everywhere" yang bisa kalian dapatkan secara gratis di chrome web store.

2. Menentukan Niche Blog/Website

5 Cara Meningkatkan CPC Adsense di Blog/Website
Sumber: Pixabay.com

Untuk meningkatkan CPC adsense, ada baiknya kalian memeriksa nice blog/website terlebih dahulu. Beberapa riset menyatakan bahwa niche blog/website sangat mempengaruhi nilai CPC yang akan kalian dapatkan ketika melakukan pemasangan iklan adsense.

Apa Hubungannya Niche Blog/Website dengan CPC Adsense?

Perlu kalian ketahui, dalam dunia blogging terdapat 2 macam jenis blog/website jika dilihat dari topik pembahasan. Ada blog yang membahas satu niche saja, ada juga yang membahas berbagai macam topik seperti web portal berita.

Pada umumnya, blog/website yang membahas satu topik saja memiliki nilai CPC yang tinggi dan stabil. Seperti yang kita ketahui, google akan akan menampilkan iklan yang relevan sesuai dengan artikel yang kalian publikasikan. Jika niche blog tersebut sudah dipastikan high CPC, kemungkinan untuk mendapatkan CPC rendah jauh lebih kecil.

Kumpulan Niche Blog High CPC
  • Bisnis Online
  • Otomotif
  • Asuransi
  • Kesehatan
  • Teknologi

3. Setting Ad Balance

Jika blog/website kalian sering mendapatkan nilai CPC kecil, tidak ada salahnya jika melakukan perubahan pada pengaturan Ad Balance. Ad Balance merupakan fitur google adsense yang berfungsi untuk mengontrol tampilnya iklan terutama iklan dengan bayaran rendah.

Bagaimana Cara Setting Ad Balance?

Untuk melakukan setting Ad Balance, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.
  • Login atau masuk ke akun google adsense
  • Pergi ke My Ads => Content => AD Balance
  • Setting Ad Balance dengan cara menggeser titik yang ada pada garis Ad Fill Rate
  • Klik "Experiment" untuk melakukan uji coba sementara atau "Apply" untuk mengatur Ad Balance seterusnya
  • selesai
Apa Efek dari Setting Ad Balance?

Efek dari Ad Balance tergantung dari berapa persen Ad Balance yang kalian tetapkan. Semakin kecil nilai Ad Balance, semakin sedikit iklan dengan CPC rendah yang tampil didalam blog/website. Namun dampaknya beberapa iklan blank/tidak tampil.

Banyak orang yang menyarankan Ad Balance di angka 70%, namun ada juga yang lebih suka di angka 80%. Pertanyaannya, berapakah nilai Ad Balance paling Recomended?

Tidak ada yang menyarankan berapa persen Ad Balance yang paling bagus, karena Setting Ad Balance setiap blog/website memiliki kecocokan yang berbeda-beda. Jadi saran saya, kalian harus sering melakukan eksperimen untuk mendapatkan Ad balance yang cocok untuk situs web masing-masing.

4. Blokir Iklan

Untuk meningkatkan CPC Adsense, kalian harus menampilkan iklan yang sesuai dengan konten/artikel yang kalian buat. Menurut beberapa orang, cara tersebut cukup ampuh terutama jika blog/website kalian hanya memiliki satu topik pembahasan.

Untuk menampilkan iklan yang relevan, kalian harus memblokir iklan yang tidak sesuai atau iklan yang memiliki CPC rendah seperti iklan berbau "Menggoda atau Nganu". Cara ini bisa kalian coba jika iklan yang tampil didalam blog/website terlalu jauh dari konteks artikel yang sedang dibahas.

Cara Blokir Iklan CPC rendah

Untuk melakukan pemblokiran pada iklan dengan CPC rendah, kalian bisa mengikuti tutorialnya berikut ini.
  • Login atau masuk akun adsense
  • Pergi ke Allow and Block Ads => Content => All My Sites
  • Masukan alamat situs yang ingin kalian blokir
  • Kemudian klik "Blokir Iklan"
  • selesai
Situs dengan Nilai CPC Rendah

Jika kalian tidak tahu situs mana yang memiliki nilai CPC rendah, kalian bisa mengetahuinya dengan mengenali ciri-ciri sebagai berikut.

  • Situs tersebut membahas sesuatu yang mustahil, contohnya uang gaib dan pesugihan
  • Situs yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan konten yang kalian buat
  • Situs yang menjerumuskan orang kedalam konten penipuan

5. Pemilihan Negara

Salah satu faktor yang mempengaruhi besar kecilnya CPC adsense adalah lokasi negara pengunjung yang melakukan klik pada iklan adsense. Perlu kalian ketahui, setiap negara memiliki rata-rata CPC nya masing-masing, dan sayangnya indonesia termasuk dari negara yang memiliki nilai CPC dibawah rata-rata.

Jika kalian sering mendapatkan CPC rendah dengan konten/artikel berbahasa indonesia, itu merupakan hal yang sangat wajar karena memang CPC nya rata-rata cukup rendah. Berbeda dengan konten berbahasa inggris, CPC bisa lebih dari $2 dalam satu kali klik iklan.

Jadi, Bagaimana Cara Meningkatkan CPC Adsense?

Dalam konteks ini, kalian bisa membuat blog/website dengan konten bahasa inggris untuk menargetkan pengunjung dari negara United States Amerika (USA) atau negara lain yang memiliki CPC diatas rata-rata. Dengan cara ini, mendapatkan high CPC kemungkinannya jauh lebih besar.

Untuk membuat konten diluar bahasa indonesia, syaratnya hanyalah satu yaitu kalian harus menguasai bahasa asing atau minimal bahasa inggris. Kemampuan bahasa asing sangat diperlukan dengan tujuan untuk membuat konten yang berkualitas dan tidak salah dalam penempatan setiap katanya (Grammar).