5 Cara meningkatkan Jumlah Klik Iklan Adsense pada Blog
Siapa disini yang blognya sudah diterima google adsense? Jika ada, selamat karena perjuangan kalian baru saja dimulai. Memang ketika pertama kalian blog kalian diterima google adsense rasanya sangat senang sekali, namun kenyataannya kalian harus melalui banyak masalah untuk mendapatkan banyak uang. Kenapa?
Karena penghasilan adsense kalian tergantung dari berbagai macam faktor, salah satunya adalah jumlah klik iklan yang kalian dapatkan setiap harinya. Jika jumlah klik iklan adsense kalian sedikit, maka penghasilan yang didapatkan tidak akan maksimal walaupun jumlah kunjungan perharinya sudah sangat banyak.
Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan rasio klik iklan adsense, tentu saja tujuan utamanya agar penghasilan kalian bisa meningkat secara drastis. Beberapa cara berikut ini bisa kalian coba sendiri dan dipastikan aman karena tidak melanggar kebijakan google adsense.
Yang pertama adalah membatasi iklan yang tayang di blog dengan cara mengatur Ad Balance. Ad Balance merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya membatasi tampilnya iklan yang CPC nya kecil dan menampilkan lebih banyak iklan yang relevan dengan konten yang dibuat.
Apa Hubungannya Ad Balance dengan Jumlah Klik Iklan Adsense?
Salah satu fungsi Ad Balance yang sudah kalian pahami adalah iklan yang ditampilkan akan relevan dengan konten yang dibuat. Jadi, ketika pengunjung kalian sedang memahami konten yang kalian buat dan menemukan iklan yang berhubungan, ketertarikan untuk klik iklan akan jauh lebih besar.
Mungkin cara ini terlihat sangat simple dan sepele, namun peningkatan jumlah kilik iklan adsense akan meningkat secara drastis karena iklan yang ditampilkan tidak akan dianggap sebagai gangguan.
Bagaimana Cara Setting Ad Balance?
Untuk cara setting Ad Balance, kalian bisa membaca artikel tentang 5 Cara meningkatkan CPC Adsense di blog/Website karena disana ada beberapa materi yang membahas Ad balance dan cara penggunaannya.
Yang kedua adalah menemukan lebih banyak calon peng-klik iklan dengan cara menambah visitor organik. Sebenarnya cara ini masih ada hubungannya dengan Ad Balance, dimana visitor organik akan lebih tertarik dengan iklan yang relevan dengan konten.
Kenapa Hal Tersebut Bisa Terjadi?
Visitor organik merupakan pengunjung yang datang dari search engine menggunakan kata kunci tertentu, sehingga apa yang mereka cari benar-benar ada di blog kalian. Jika pengunjung tersebut benar-benar organik, ketertarikan terhadap iklan yang tampil akan lebih besar.
Berbeda dengan pengunjung yang datang dari sosial media atau yang lainnya, mereka cenderung membuka artikel tersebut karena tidak sengaja melihat atau memang ada ketertarikan sesaat. Jadi sering-seringlah melakukan eksperimen untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung organik.
Yang ketiga adalah menampilkan iklan di beberapa bagian strategis dengan cara memperhatikan penempatan posisi iklan. Sedikit banyaknya iklan yang di klik oleh pengunjung sangat bergantung pada penempatan posisi iklan.
Kenapa Sangat Berpengaruh?
Ketika pengunjung membaca artikel yang ada di blog, fokus mereka akan tetap pada konten yang kalian buat. Jika penempatan artikel kalian berantakan, pengunjung tidak akan melihat iklan adsense yang kalian pasang atau kemungkinan terburuknya adalah iklan kalian menutupi halaman konten.
Jadi selain meningkatkan jumlah klik, penempatan posisi iklan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja pengunjung tidak akan mengunjungi kembali blog kalian karena sudah memberikan pengalaman buruk hanya gara-gara penempatan iklan.
Penempatan Posisi Iklan Terbaik untuk Blog/Website
Menurut pengalaman saya sendiri, iklan yang sering di klik oleh pengunjung berada pada posisi:
Karena penghasilan adsense kalian tergantung dari berbagai macam faktor, salah satunya adalah jumlah klik iklan yang kalian dapatkan setiap harinya. Jika jumlah klik iklan adsense kalian sedikit, maka penghasilan yang didapatkan tidak akan maksimal walaupun jumlah kunjungan perharinya sudah sangat banyak.
Lalu, Bagaimana Cara Meningkatkan Jumlah Klik Iklan Adsense Pada Blog?
![]() |
| Sumber: Pixabay.com |
Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk meningkatkan rasio klik iklan adsense, tentu saja tujuan utamanya agar penghasilan kalian bisa meningkat secara drastis. Beberapa cara berikut ini bisa kalian coba sendiri dan dipastikan aman karena tidak melanggar kebijakan google adsense.
1. Ad Balance
Yang pertama adalah membatasi iklan yang tayang di blog dengan cara mengatur Ad Balance. Ad Balance merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya membatasi tampilnya iklan yang CPC nya kecil dan menampilkan lebih banyak iklan yang relevan dengan konten yang dibuat.
Apa Hubungannya Ad Balance dengan Jumlah Klik Iklan Adsense?
Salah satu fungsi Ad Balance yang sudah kalian pahami adalah iklan yang ditampilkan akan relevan dengan konten yang dibuat. Jadi, ketika pengunjung kalian sedang memahami konten yang kalian buat dan menemukan iklan yang berhubungan, ketertarikan untuk klik iklan akan jauh lebih besar.
Mungkin cara ini terlihat sangat simple dan sepele, namun peningkatan jumlah kilik iklan adsense akan meningkat secara drastis karena iklan yang ditampilkan tidak akan dianggap sebagai gangguan.
Bagaimana Cara Setting Ad Balance?
Untuk cara setting Ad Balance, kalian bisa membaca artikel tentang 5 Cara meningkatkan CPC Adsense di blog/Website karena disana ada beberapa materi yang membahas Ad balance dan cara penggunaannya.
2. Menambah Visitor Organik
Yang kedua adalah menemukan lebih banyak calon peng-klik iklan dengan cara menambah visitor organik. Sebenarnya cara ini masih ada hubungannya dengan Ad Balance, dimana visitor organik akan lebih tertarik dengan iklan yang relevan dengan konten.
Kenapa Hal Tersebut Bisa Terjadi?
Visitor organik merupakan pengunjung yang datang dari search engine menggunakan kata kunci tertentu, sehingga apa yang mereka cari benar-benar ada di blog kalian. Jika pengunjung tersebut benar-benar organik, ketertarikan terhadap iklan yang tampil akan lebih besar.
Berbeda dengan pengunjung yang datang dari sosial media atau yang lainnya, mereka cenderung membuka artikel tersebut karena tidak sengaja melihat atau memang ada ketertarikan sesaat. Jadi sering-seringlah melakukan eksperimen untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung organik.
3. Penempatan Posisi Iklan
Yang ketiga adalah menampilkan iklan di beberapa bagian strategis dengan cara memperhatikan penempatan posisi iklan. Sedikit banyaknya iklan yang di klik oleh pengunjung sangat bergantung pada penempatan posisi iklan.
Kenapa Sangat Berpengaruh?
Ketika pengunjung membaca artikel yang ada di blog, fokus mereka akan tetap pada konten yang kalian buat. Jika penempatan artikel kalian berantakan, pengunjung tidak akan melihat iklan adsense yang kalian pasang atau kemungkinan terburuknya adalah iklan kalian menutupi halaman konten.
Jadi selain meningkatkan jumlah klik, penempatan posisi iklan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja pengunjung tidak akan mengunjungi kembali blog kalian karena sudah memberikan pengalaman buruk hanya gara-gara penempatan iklan.
Penempatan Posisi Iklan Terbaik untuk Blog/Website
Menurut pengalaman saya sendiri, iklan yang sering di klik oleh pengunjung berada pada posisi:
- Before Content ( Sebelum Artikel)
- Middle Content (Tengah Artikel)
- After Content (Setelah Artikel)
- Under Navigation (Dibawah Navigasi), dan
- Sidebar Left/Right (Sidebar Kiri/Kanan)
4. Ukuran Iklan Adsense
Yang keempat adalah membuat pengunjung jauh lebih mudah melihat unit iklan adsense dengan cara mengatur ukuran iklan sebaik dan semaksimal mungkin. Sama seperti penempatan, ukuran iklan adsense juga sangat penting untuk diperhatikan.
Apa Alasannya?
Ukuran iklan adsense yang baik dimata pengunjung memiliki kemungkinan yang jauh lebih besar untuk di klik oleh pengunjung. Besar atau kecilnya ukuran iklan dapat membuat pengunjung merasa tidak terganggu atau bahkan dapat membantu apa yang mereka cari.
Memasang iklan terlalu besar sangat tidak baik bagi kenyamanan pengunjung, terlebih jika iklan tersebut terpotong oleh layar ketika diakses melalui smartphone. Namun terlalu kecil juga tidak baik karena iklan tersebut tidak akan terlihat dengan sangat jelas.
Berapa Ukuran Iklan yang Paling Pas untuk Blog/Website?
Untuk menentukan besar kecilnya ukuran sebuah iklan, kalian harus memperhatikan penempatannya agar tidak menutupi konten atau membuang banyak space. Kalian harus bisa menentukan ukuran iklan adsense masing-masing karena setiap blog memiliki panjang dan lebar yang berbeda-beda.
5. Atur Desain Iklan
Yang terakhir adalah merubah tampilan iklan baik dari warna, jenis font, ataupun backgorund dengan cara mengatur desain iklan pada saat pembuatan unit iklan. Membuat desain iklan yang enak dilihat oleh pengunjung akan memberikan ketertarikan yang lebih terutama untuk di klik.
Kenapa Hal Tersebut Sangat Berpengaruh?
Memang publisher adsense diberi kewenangan untuk mendesain iklan yang tampil didalam blog, tujuan utamanya agar iklan yang ditampilkan benar-benar tidak mengganggu para visitor. Desain iklan yang baik akan membuat pengunjung jauh lebih nyaman dan tidak merasa bahwa itu adalah sponsor yang tidak sopan.
Bagaimana Tips Mengatur Desain Iklan Adsense?
Saya pikir ini tidak akan terlalu susah, karena kalian hanya perlu merubah apa yang menurut kalian tidak pas dengan desain blog tersebut. Keselarasan antara iklan adsense dengan desain blog sangat berpengaruh pada jumlah klik setiap harinya.
Jadi pastikan kalian mendesain iklan dengan sangat baik dan terus menerus melakukan percobaan hingga kalian mendapatkan jumlah klik secara maksimal.
